TNI AL Amankan 8 Imigran Gelap Asal Somalia Di Sumut

Imigran Gelap

TNI AL Amankan 8 Imigran Gelap Asal Somalia Di Sumut

liputan46.com TNI AL yang mengamankan 8 imigran gelap asal Somalia di perairan Sungai Asahan, Sumatera Utara/Sumut. Dalam pemeriksaan, para imigran tersebut berangkat dari Somalia kemudian transit di Malaysia.

“Penumpang kapal imigran gelap asal Somalia tersebut yang berjumlah 8 orang dengan rincian adalah 4 orang laki-laki dan 4 orang perempuan,” kata Komandan Lanal Tanjungbalai Asahan Letkol Laut/P Bagus Badari dalam keterangannya, Jumat lalu. Bagus mengatakan penangkapan kapal tanpa nama yang mengangkut imigran gelap tersebut pada Kamis lalu. Saat itu, tim WFQR Lanal Tanjungbalai Asahan mendapat informasi dari masyarakat bahwa akan masuk imigran gelap.

“Imigran gelap itu berlayar dari Malaysia dengan tujuan Tanjungbalai Asahan,” ujarnya. Setelah mendapat informasi tersebut, petugas pun kemudian melakukan patroli di seputaran lokasi tersebut. Saat tengah patroli, petugas yang mencurigai satu unit kapal berlayar dari Kuala Bagan Asahan yang menuju Tanjungbalai. Setelah itu, petugas pun kemudian mendekat seterusnya mereka melakukan pemeriksaan. Di saat bersamaan, petugas yang melihat dua orang melompat ke pantai dan kabur ke arah hutan.

“Saat dilakukan pemeriksaan, ditemukan penumpang imigran gelap asal Somalia serta seorang TKI ilegal wanita,” terang Bagus. Setelah diamankan, petugas pun kemudian membawa mereka ke Poskamla Bagan Asahan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut nantinya. Dari pemeriksaan sementara, diketahui para imigran tersebut sudah berada di Malaysia selama 2 minggu. “Setelah dilakukan sebuah pemeriksaan, tidak ditemukan barang berbahaya manapun barang terlarang lainnya. Selanjutnya kita juga serahkan mereka ke Kantor Imigrasi Tanjungbalai untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” tutup Bagus.

“Oleh agen perahu di Malaysia, para imigran dari Somalia itu dikenakan ongkos 900 dollar Amerika Serikat. Catatan mereka, identitas para imigran gelap Somalia itu adalah Abdul Wahab Muh 23 Tahun, Maulid Ali 20 Tahun, Ahmed Abdullah 21 Tahun, dan M Abdalla 23 Tahun. Sedangkan empat perempuan Somalia yaitu Samiya 20 Tahun, Muse 20 Tahun, Halimo 29 Tahun, dan Mariam 59 Tahun. Adapun TKI ilegal yang berasal dari Indonesia yakni Kadijah 36 Tahun.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *