Mulai 8 Februari Bagasi Berbayar Akan Diberlakukan Maskapai Citilink

Mulai 8 Februari Bagasi Berbayar Akan Diberlakukan Maskapai Citilink

Dalam Negri Liputan46 Luar Negri Uncategorized

Mulai 8 Februari Bagasi Berbayar Akan Diberlakukan Maskapai Citilink

Mulai 8 Februari Bagasi Berbayar Akan Diberlakukan Maskapai Citilink
liputan46 – Pihak PT Citilink Indonesia segera mengenakan biaya bagasi untuk para penumpang, dengan mengikuti jejak PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) Group yang sebelumnya telah menerapkan bagasi berbayar mulai 8 Januari 2019 lalu. Bagasi berbayar Citilink akan diberlakukan mulai 8 Februari 2019 mendatang.

Benny Rustanto selaku Direktur Niaga Citilink Indonesia menyatakan bagasi berbayar ini diterapkan dalam mengimbangi ketatnya persaingan dari setiap maskapai. Kebijakan tersebut dilakukan untuk menjadi inovasi Citilink dalam menambah sumber pendapatan serta menjaga biaya perawatan maupun keamanan.

Walau demikian, untuk penumpang yang sudah membeli tiket sebelum tanggal 8 Februari 2019 tetap berhak mendapatkan fasilitas bagasi gratis sebesar 20 kilogram (kg). Walaupun jadwal terbangnya melewati tanggal diberlakukannya bagasi berbayar. Penumpang pun tetap diizinkan membawa satu barang bawaan ke dalam kabin, tanpa adanya biaya tambahan. Berat maksimal barang yang dibawa kedalam kabin yakni 7 kg dengan dimensi maksimal 58 centimeter (cm) x 46cm x 23cm.

Benny mengatakan jika pemberlakuan biaya bagasi ini diberlakukan untuk penumpang domestik. Harga ini tidak berlaku bagi penerbangan internasional. Benny menjelaskan bahwa Citilink akan mengenakan biaya minimum senilai Rp9.000 per kg untuk penerbangan pendek di bawah satu jam. Kini, perseroan tengah membahas rentang biaya bagasi yang segera dibebankan untuk penumpang.

BENER CAPSA DOMINO

Menurut Benny dari hasil riset internal Citilink dalam periode 2017-2018, penumpang Citilink biasanya akan membawa bagasi sebesar 7-11 kg untuk penerbangan di hari biasa. Pada periode puncak, jumlah tersebut meningkat. Dengan begitu, ia meyakini pemberlakuan bagasi berbayar ini tak akan memberatkan penumpang secara signifikan.

Walau begitu Benny tidak membeberkan target kenaikan untuk pendapatan Citilink setelah diterapkan bagai berbayar. Jika dianggap menjadi tambahan, mudah-mudahan bisa menjadi tambahan pendapatan. Namun jika disebut tambahan kargo mudah-mudahan dapat meningkatkan pendapatan kargo pula.

Meskipun mengambil tarif dari bagasi, penumpang Citilink dapat membeli paket hemat bagasi yang akan diberikan potongan harga sampai 40 persen. Paket hemat dapat dibeli maksimal empat jam sebelum keberangkatan. Sementara untuk penumpang yang telah berada di bandara udara (bandara), bisa membeli bagasi tercatat langsung pada konter check in atau customer service (CS) Citilink.

AGEN CAPSA | BANDARQ ONLINE |DOMINOQQ | KEYWORD4


BENER CAPSA DOMINO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *