Menko Polhukam Wiranto

Wiranto: Jangan Menyebar Fitnah Adanya Konspirasi Kecurangan Pemilu 2019

Dalam Negri Liputan46 Politik

Wiranto: Jangan Menyebar Fitnah Adanya Konspirasi Kecurangan Pemilu 2019

Liputan46.com – Menko Polhukam Wiranto membantah adanya konspirasi dalam Pemilu 2019.
Hal ini terkait tuduhan kecurangan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu, pemerintah, Polri dan TNI.
Tuduhan tersebut sangat tendensius, ngawur, bernuansa fitnah, tidak benar dan tidak berdasar.
Hal itu disampaikan Wiranto usai memimpin rakorsus tentang permasalahan pasca Pemilu 2019 di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2019).

Wiranto menegaskan, pemerintah tidak pernah ada pikiran ataupun kehendak untuk melakukan intervensi terhadap kinerja KPU-Bawaslu.
Apalagi sampai membangun konspirasi kecurangan secara TSM untuk memenangkan paslon tertentu, dalam hal ini Jokowi-Ma’ruf Amin.

Tidak pernah ada pikiran, kehendak dari pemerintah untuk melakukan intervensi terhadap kinerja KPU/Bawaslu.
Apalagi sampai membangun konspirasi kecurangan secara terstruktur, sistematis dan massif guna memenangkan pasangan calon tertentu,” jelas Wiranto.

Wiranto: Jangan Menyebar Fitnah Adanya Konspirasi Kecurangan Pemilu 2019

Sebagai menteri koordinator yang membidangi urusan politik nasional, Wiranto mengklaim dirinya berperan aktif memantau perkembangan yang terjadi.
Kalaupun konspirasi itu ada, sudah pasti dirinya mengetahui. Tetapi, ia menegaskan tuduhan konspirasi tersebut tidak benar dan tidak terjadi.

Menurut Wiranto, tuduhan tersebut diarahkan untuk mendelegitimasi pemerintah, KPU-Bawaslu, termasuk hasil pemilu yang sementara ini sedang dalam proses penghitungan.
Dia menegaskan KPU-Bawaslu merupakan lembaga yang mandiri dan tidak dalam struktur lembaga negara manapun.

Wiranto memang mengakui Pemilu 2019 adalah yang terumit. Sebab, pemilihan presiden-wakil presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) dilaksanakan secara serentak.
Sehingga memang sangat rumit,” ucap Wiranto saat memimpin rakorsus tentang permasalahan pasca pemungutan suara di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Namun, Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) itu bersyukur pelaksanaan pesta demokrasi berjalan baik, aman dan lancar.
Wiranto mengklaim keberhasilan Pemilu 2019 ini mendapat apresiasi dari banyak negara.
Kita bersyukur secara umum dapat dilaksanakan dengan baik, lancar, dan aman. Dan kita sudah mendapatkan apresiasi dari banyak negara,” Tutur Wiranto.

Diwartakan sebelumnya, Menko Polhukam Wiranto memimpin rakorsus membahas berbagai permasalahan yang muncul pasca pemungutan suara Pemilu 2019.
Dalam rapat itu turut hadir Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko dan Mendagri Tjahjo Kumolo.

BANDAR SAKONG | DOMINOQQ | JUDI ONLINE | BANDARQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *