Fadli Zon Sebut Video #BeragamItuBasukiDjarot Bersifat Berbahaya

video kampanye ahok

Fadli Zon Sebut Video #BeragamItuBasukiDjarot Bersifat Berbahaya

liputan46.com Video yang berisikan tentang daripada keberagaman yang juga diunggah cagub DKI Basuki T Purnama jelang pada pemungutan suara Pilgub Jakarta putaran dua kembali mendapat kritik. Kali ini kritik datang dari pimpinan DPR. Wakil Ketua DPR, Fadli Zon juga menyebut, bahwa dirinya juga baru menonton video tersebut itu tersebut malam tadi. Fadli juga kemudian menyimpulkan bahwa daripada video tersebut juga mengandung pesan yang negatif bagi para masyarakat, khususnya yang ada di daerah Jakarta.

“Video itu juga memberikan message yang kurang baik karena jelas menyebarkan persepsi seolah-olah masyarakat kita di Jakarta dan juga masyarakat kebanyakan muslim penuh dengan kekerasan, apalagi di situ ada juga tulisan ganyang Cina dan lain-lain. Menurut saya, itu kampanye yang buruk sekali dan rasis. Kalau ada tuduhan rasis, sebenarnya siapa yang rasis?” ujar Fadli saat ditemui di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin lalu.

Menurut kata Fadli, Ahok telah juga menyinggung elemen daripada SARA dalam berkampanye. Video itu juga dianggap berbahaya oleh dari Fadli. “Jelas di situ saudara Ahok yang sudah bersifat rasis dengan menyebarkan video seperti itu dan menurut saya sudah menyinggung perasaan umat beragama. Selain Al Maidah juga, saya kira ini telah tambah lagi, seolah-olah daripada orang Islam juga mau mengganyang orang Cina. Itu juga menurut saya bersifat memecah belah, sangat berbahaya,” ujarnya.

Ahok, kata Fadli, tidak cukup dengan meminta maaf karena telah menyebarkan video itu. “Tidak cukup minta maaf, menurut saya pelanggaran. Ini bisa dikategorikan menyebarkan rasa permusuhan, kebencian,” paparnya. Video yang juga diberi judul seperti #BeragamItuBasukiDJarot tersebut di-postingAhok sehari yang lalu melalui akun Instagram-nya, @basukibtp. Pada Senin lalu sekitar pukul 13.25 WIB, video tersebut sudah dilihat 285.983 kali dan disukai oleh lebih dari 63 ribu netizen

Fadli menjelaskan, juga bahwa video kampanye Ahok menyebarkan telah persepsi seolah-olah di daerah Jakarta dan juga masyarakat muslim penuh kekerasan. “Apalagi di situ ada tulisan ‘Ganyang Cina’ dan lain-lain,” kata daripada Fadli. Video itu juga, tambah dari dia, sangat bersifat berbahaya dan bisa memecah belah umat.

“Ini sangat berbahaya dan harus ada tindakan. Ini bisa dikategorikan sebagai menyebarkan rasa permusuhan, rasa kebencian dan sebagainya. Ya mestinya juga dilaporkan kepada pihak kepolisian, dan juga KPI bisa menilai kampanye atau video yang semacam itu kan jelas tidak sesuai dengan aturan yang ada,” pungkas Fadli.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *