Diperkirakan Akan Menaikan Suku Bunga Acuan

Diperkirakan Akan Menaikan Suku Bunga Acuan

Diperkirakan Akan Menaikan Suku Bunga Acuan

Liputan46Diperkirakan Akan Menaikan Suku Bunga Acuan Bank Indonesia (BI) diprediksi masih akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 6 persen di akhir tahun ini.Corporate Secretary and chief economist BNI Ryan Kiryanto menyebutkan, The Fed atau bank sentral Amerika Serikat (AS) akan segera menyelenggarakan The Federal Open Market Committee (FOMC) yang merupakan sidang terakhir mereka di tahun ini.

Hampir pasti menaikkan Fractional flow reserve (FFR). Implikasinya sebagian bank-bank sentral di dunia akan ikut menaikkan suku bunga,” kata Ryan dalam sebuah acara diskusi di Kementerian Koperasa dan UKM, Jakarta, Rabu (7/11/2018).Maka Desember kami lihat ada 2 kemungkinan, BI tetap menahan atau menaikkan 25 bps jadi 6 persen untuk suku bunga acuan,” ujarnya.

Ryan mengungkapkan, AS terpaksa harus agresif menaikkan suku bunga acuan untuk meredam inflasi di negara Paman Sam tersebut.Secara teori, ketika ekonomi suatu negara tumbuh dengan baik biasanya diiringi dengan inflasi di negara itu. Upaya menjinakkan inflasi dengan menaikkan suku bunga sehingga orang-orang yang punya duit tidak berproduksi terus, tapi di simpan di bank,” ujarnya.

The Fed menggunakan jalur suku bunga untuk mengerem inflasi AS yang sudah berada di angka 2 persen.2 persen angka keramat di Amerika, enggak boleh melampaui itu. Berbahaya untuk negara Amerika. Maka harus djinakkan dengan suku bunga,” tutupnya.

Tahun 2019 diprediksi akan menjadi tahun dengan tren suku bunga naik imbas dari kebijakan AS yang agresif melakukan kenaikan suku bunga di negaranya. Beberapa negara di kawasan regional diharapkan bersaing untuk menaikkan suku bunga acuan mereka untuk menarik dana guna menjaga likuiditas.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Dody Budi Waluyo, mengatakan bahwa perusahaan belum dapat menentukan apakah Indonesia akan mengikuti tren naik atau suku bunga tetap.

Jadi tentu saja kita tidak bisa mengatakan bahwa suku bunga akan naik atau turun atau tetap, tetapi itu tergantung pada penilaian masa depan. Tidak lama lagi akan ada Rapat Dewan Gubernur, itu akan terlihat nanti dalam pertemuan, “kata Dody di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (11/6/2018).

Ia menyatakan, BI akan melihat semua faktor dan perkembangan yang terjadi, baik secara global maupun domestik. “Yang lebih penting adalah bagaimana melihat ke depan kita melihat risiko, proyeksi masa depan untuk kebijakan makro. Jadi, kebijakannya adalah apakah kita akan mengubah posisi suku bunga. Sangat bergantung pada data,” katanya.

Selain itu, kondisi ekonomi global, khususnya eksistensi perang dagang, diharapkan akan sangat berpengaruh. Kondisi ini akan sangat ditentukan oleh hasil pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Presiden China Xi Jinping.

Kami melihat bagaimana prospek global, apakah tekanan perdagangan akan lebih tinggi atau hasil pertemuan akan lebih positif, sehingga akan mempengaruhi negara lain dalam mengambil posisi. Jadi ini sangat dinamis dari waktu ke waktu, “tegasnya.

Diperkirakan Akan Menaikan Suku Bunga Acuan

JUDI POKER | AGEN POKER ONLINEBANDAR 66 | BANDAR SAKONG

Comments

comments

12 thoughts on “Diperkirakan Akan Menaikan Suku Bunga Acuan

  1. No more online surveys that pay cents, no more scam sites that pay you nothing. Go and register here http://bit.ly/2ODt2Tt – and start earning real money. If you can comment on blogs, you will easily make like $3000+ a month just by sitting at your home and working like 2-3 hours a day.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *