Sepak Terjang China Dianggap Taiwan Dapat Mengancam Negaranya

liputan

Sepak Terjang China Dianggap Taiwan Dapat Mengancam Negaranya

Liputan46 – Tsai Ing-wen selaku Presiden Taiwan menuding sepak terjang China pada dunia internasional telah mengancam perdamaian serta stabilitas negaranya.

Tsai melihat keadaan keamanan negaranya terus memanas terutama usai Beijing meningkatkan serangan dalam membendung langkah Taiwan meraih kedaulatan, salah satunya dengan terus mendesak sejumlah negara untuk memutus hubungan diplomatik dengan Taipei.

Pada kesempatan itu, Tsai meminta agar otoritas China supaya tidak menjadi sumber konflik, namun menjadi peran positif di kawasan dan dunia. Taiwan mengaku merupakan sebuah negara yang berdaulat dan mempunyai sistem politik, keuangan, serta hukum sendiri dari tahun 1949 lalu. Tetapi sampai saat ini kawasan tersebut tidak pernah benar-benar mendeklarasikan berpisah dari China.

Relasi dari Beijing dengan Taipei semakin memanas terutama sejak Tsai menjabat bulan Mei 2016 lalu. Sejak itu, Taiwan dengan agresif terus berusaha mendapat pengakuan negara lain menjadi negara merdeka. Sementara itu, China bersikeras menganggapnya merupakan wilayah pembangkang yang akan memisahkan diri.

China sering memprotes negara yang mempunyai hubungan diplomatik dengan Beijing dan Taiwan dengan bersamaan. Tekanan dari negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini ternyata efektif membuat sejumlah negara lain memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan.

Mulai dari Tsai berkuasa, lima negara telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan karena adanya tekanan China. Sampai saat ini cuma tersisa 17 negara yang tetap mengakui Taiwan merupakan negara secara diplomatik.

Belakangan ini, China pun semakin meningkatkan latihan militer di sekitar Taiwan. Bukan cuma itu, Beijing juga berhasil menekan beberapa perusahaan internasional untuk memasukan Taiwan menjadi bagian dari China pada sejumlah situs resminya.

Pada pidatonya, Tsai berjanji tidak akan memperburuk ketegangan antara Taiwan dengan China. Walaupun begitu, ia bersumpah akan tetap menjaga keamanan nasional dan hubungan diplomatik Taiwan bersama negara lain untuk kepentingan strategis yang tidak bisa tergantikan.

Tsai menuturkan bahwa ia tidak akan terprovokasi pada konfrontasi atau konflik yang membahayakan hubungan kedua negara. Ia pun tidak akan menyimpang dari kehendak rakyat untuk mengorbankan kedaulatan Taiwan. Menurutnya, strategi respons yang efektif mesti berakar dari kekuatan nasional.

DOMINO QQ ONLINE  | BANDARQ TERPERCAYA | SAKONG ONLINE | AGEN QQ

Comments

comments

One thought on “Sepak Terjang China Dianggap Taiwan Dapat Mengancam Negaranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *