Pemerintah Lontarkan Uang Triliun Demi Kualitas SM Meningkat

Pemerintah Lontarkan Uang Triliun Demi Kualitas SM Meningkat

Pemerintah Lontarkan Uang Triliun Demi Kualitas SM Meningkat

Liputan46 – Pemerintah Lontarkan Uang Triliun Demi Kualitas SM Meningkat Pemerintah akan menjadikan pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai salah satu program prioritas di 2019. Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5,7 triliun untuk Kementerian Ketanagakerjaan (Kemnaker).‎Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan, pada tahun depan, pihaknya mendapatkan tambahan anggaran sekitar Rp 1,7 triliun untuk meningkatkan kualitas dan daya saing SDM dalam negeri.‎

Tahun 2019, Bu Menteri Keuangan menambah anggaran di Kemnaker sekitar Rp 1,7 triliun. Dari biasanya rata-rata Rp 4 triliun menjadi Rp 5,7 rriliun. Dari sekitar tambahan Rp 1,7 triliun itu masih fokusnya menggenjot peningkatan kompetensi di masyarakat, ujar dia di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, seperti ditulis Jumat (17/8/2018).

Hanif menjelaskan, program andalan dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) terus mempercepat peningkatan kompetensi tenaga kerja, sertifikasi profesi, dan membangun kewirausahaan di kalangan anak muda. Kerja) Komunitas. Pada 2019, Rp.1 triliun dianggarkan pada 1.000 poin.

Dia mengungkapkan, jika melihat peningkatan dari 2018-2019, misalnya untuk pelatihan BLK pemerintah pada 2018 sekitar 136.724 orang akan ditingkatkan menjadi 215.344 orang pada 2019. Kemudian untuk kewirausahaan dan produktivitas sekitar 17.890 orang akan ditambah menjadi 38.845 orang. Kemudian untuk magang kami juga meningkat dari 70.790 menjadi 210 ribu. Ini lebih dari 100 persen peningkatan.

Untuk pelatihan, kata Hanif, akan melibatkan masyarakat baik lembaga pelatihan kerja swasta maupun komunitas, termasuk pelatihan untuk pekerja migran Indonesia, sebanyak 14 ribu orang di 2018 menjadi 62 ribu orang. Jadi secara keseluruhan peningkatan kompetensi yang dilakukan dari 239.404 orang pada 2018 ditingkatkan lebih dari dua kali lipat menjadi 526.189 orang.

Khusus untuk sertifikasi juga mengalami peningkatan sangat pesat. Dari 260.084 sertifikasi profesi di tahun 2018, pada tahun 2019 juga akan ditingkatkan menjadi 526.189Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri menyatakan, era revolusi industri ke-4 atau industry 4.0 bukan merupakan ancaman bagi sektor tenaga kerja di Indonesia.Meski demikian, para tenaga kerja dan calon tenaga kerja harus segera mempersiapkan diri dalam rangka memasuki era revolusi industri ke-4.

Hanif mengungkapkan, salah satu tantangan pesatnya perkembangan teknologi informasi adalah perubahan industri. Ini untuk tetap kompetitif, industri harus dapat berubah, menjadi lebih produktif dan efisien menghadapi pesaing baik di dalam maupun di luar negeri.Tentu ketika industri berubah, karakter pekerjaannya juga berubah. Maka tuntutan skill (keterampilan) yang dibutuhkan juga berubah. Di situ tantangan bagi bangsa kita untuk memastikan tenaga kerja kita ini punya skill dan mereka juga punya kesempatan untuk meningkatkan skillnya atau merubah skillnya, karena pekerjaannya juga berubah.

Hanif mengakui, perkembangan teknologi dan informasi yang masih di era revolusi industri ke-4 memang akan menghilangkan profesi tertentu. Namun demikian, era ini juga akan melahirkan profesi baru yang sesuai dengan perkembangan zaman.‎Perkembangan teknologi informasi yang cepat ini pada akhirnya akan membunuh sejumlah pekerjaan tetapi juga menciptakan pekerjaan-pekerjaan yang baru. Oleh sebab itu penyesuaian terhadap kebutuhan skill di pasar tenaga kerja itu menjadi sangat penting.

Berkaca dari hal tersebut, lanjut Hanif, pemerintah terus menggenjot pelatihan vokasi untuk meningkatkan akses dan mutu agar pekerja dalam negeri.Yang belum punya skill bisa mendapatkan skill atau skilling, yang sudah punya skill bisa meningkatkan skillnya atau up skilling, yang sudah punya skill tetapi skillnya tidak relevan dan harus berubah kita sebut reskilling. Tiga hal itu yang kita genjot untuk memastikan agar daya saing dan tenaga kerja kita lebih baik dan sesuai dengan perubahan di pasar kerja.

Pemerintah Lontarkan Uang Triliun Demi Kualitas SM Meningkat

JUDI POKERBANDAR Q | AGEN SBOBET | AGEN TERPERCAYA

Comments

comments

21 thoughts on “Pemerintah Lontarkan Uang Triliun Demi Kualitas SM Meningkat

  1. We stumbled over here by a different website and thought I might as well check things out. I like what I see so now i’m following you. Look forward to looking over your web page for a second time.

  2. Hey! I realize this is sort of off-topic but I needed to ask. Does running a well-established blog such as yours require a massive amount work? I’m completely new to blogging but I do write in my diary every day. I’d like to start a blog so I can share my experience and thoughts online. Please let me know if you have any ideas or tips for brand new aspiring bloggers. Thankyou!

  3. Hello to every body, it’s my first visit of this blog; this webpage includes awesome and genuinely excellent stuff in favor of visitors.

  4. My brother suggested I might like this blog. He was entirely right. This post truly made my day. You can not imagine simply how much time I had spent for this info! Thanks!

  5. What i don’t understood is if truth be told how you are now not actually much more neatly-favored than you may be now. You’re so intelligent. You realize therefore significantly in the case of this topic, produced me in my view consider it from numerous numerous angles. Its like women and men don’t seem to be involved except it is something to do with Woman gaga! Your individual stuffs outstanding. All the time handle it up!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *