Duterte Minta Maaf Setelah Sebut Tuhan Bodoh

Duterte Minta Maaf Setelah Sebut Tuhan Bodoh

Duterte Minta Maaf Setelah Sebut Tuhan Bodoh

Liputan46 – Rodrigo Duterte selaku Presiden Filipina, meminta maaf sebab pernah mengatakan bahwa Tuhan bodoh, sikap yang dikecam keras oleh Gereja Katolik serta kelompok keagamaan lainnya. Duterte ketika bertemu dengan Eduardo Villanueva yang merupakan Pendiri Jesus Is Lord Church Worldwide (JILCW) di Istana Kepresidenan meminta maaf kepada Tuhan. Ia katakan, maaf, Tuhan.

Permintaan maaf tersebut diungkapkan setelah pernyataan kontroversial Duterte pada akhir Juni lalu yang membuat geram komunitas Gereja Katolik. Pada sebuah pidato, Duterte mempertanyakan kisah penciptaan dalam Alkitab. Ia bertanya apa maksud dan tujuan Tuhan menciptakan Adam dan Hawa bila hanya untuk dijebloskan ke dalam dosa.

Siapa Tuhan yang bodoh ini? Si keparat ini sungguh bodoh. Bagaimana dapat merasionalkan Tuhan? Apakah kalian percaya? ucap Duterte yang dikutip The New York Times. Usai perkataan itu menjadi buah bibir, Duterte lalu segera meminta maaf sebab ia tidak mau Tuhan dijadikan alat untuk menyerang pemerintah.

Ia mengatakan bahwa dirinya meminta maaf kepada Tuhan, bukan orang lain. Bila ia sudah melukai hati Tuhan, ia akan mau mendengarkan. Lantas kenapa ia meminta maaf, karena Tuhan maha pengampun. Kenapa? Karena Tuhan menciptakan dirinya menjadi orang baik, bukan jahat.

Sebelumnya, Duterte sempat menjadi cibiran masyarakat sebab berjanji akan mundur bila ada orang yang dapat swafoto dengan Tuhan. Bila ada dari kalian yang sudah pernah pergi ke surga dan berbicara dengan Tuhan, melihatnya dengan langsung jika Dia itu ada, bila Tuhan itu adalah Tuhanmu, bila benar dan dapat membuktikannya, ia akan mundur dari kursi kepresidenan, ucapnya.

Ia juga berkata, ia cuma memerlukan satu orang saksi yang berbicara kepadanya bahwa orang-orang bodoh di gereja memerintahkan dirinya untuk pergi ke surga dan berbicara kepada Tuhan. Tuhan benar-benar ada, dan berfoto bersama, dan ia membawa fotonya. Duterte juga sempat mengkritik sejumlah gereja yang sering menggalang dana dari para jemaatnya. Pria 73 tahun itu menuding gereja menggunakan uang sumbangan dalam memperkaya gereja menggunakan barang-barang mewah.

Bila Anda benar-benar ingin membantu orang, kenapa Anda mesti meminta uang dari mereka? tanya Duterte. Walaupun menentang konsep Tuhan, Duterte mengaku masih mempercayai jika ada makhluk tertinggi yang dapat mengontrol seluruh alam semesta.

Duterte menuturkan bahwa ia mempercayai Tuhan dari keyakinannya sendiri yang terbentuk melalui pengalaman semasa hidup. Duterte mengaku ia sempat dianiaya oleh seorang pastornya semasa kecil. Ia mempunyai keimanan yang mendalam dan taat terhadap Tuhan. Konsepnya mengenai Tuhan itu didasarkan dari pengalaman yang ia pelajari dalam kehidupan yang keras ini, kata Duterte.

AGEN DOMINO | AGEN POKER | BANDAR DOMINO | QIUQIU 

Comments

comments

8 thoughts on “Duterte Minta Maaf Setelah Sebut Tuhan Bodoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *