BI Habiskan Rp18 Triliun untuk Bisa Membantu Rupiah

BI Habiskan Rp18 Triliun untuk Bisa Membantu Rupiah

BI Habiskan Rp18 Triliun untuk Bisa Membantu Rupiah

Liputan46 – Bank Indonesia sudah mengeluarkan dana samapai Rp18,5 triliun untuk intervensi di pasar Surat Berharga Negara (SBN), sejak awal tahun sampai saat ini. Hal ini dilakukan untuk stabilisasi nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) yang terus turun dan melemah.

Nanang Hendarsah selaku Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI) mengatakan, intervensi pada pasar sekunder sebanyak Rp18,5 triliun. Sementara, di pasar primer yang bukan dalam bagian dari intervensi BI telah mengelurkan dana Rp42 triliun.

Dia menegaskan, Bank Sentral memang saar ini sangat membutuhkan SBN sebagai penggunaan untuk operasi moneter, baik pada pasar primer maupun dalam pasar sekunder. Kami memang perlu SBN dalam rangka penggunaan untuk operasi moneter, jadi nantinya untuk beberapa tenor ke depan akan terus pakai banyak SBN, jadi memang kita sanagat memerlukan akumulasi SBN,” Terangnya, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Di sisi lain, sejak naiknya suku bunga acuan BI sebanyak 50 basis points (bps) pada Juni lalu telah terjadi arus dana asing masuk (capital inflow). Nanang juga mengatakan, dalam 5 hari terakhir sekitar Rp6 triliun dana asing masuk ke dalam negeri. Angka dari semua itu belum lagi jika di gabungkan dengan dana yang sudah masuk pada hari ini. Kami berharap semua investor yang ada di luar sana bisa percaya dan mau menanam modal mereka di negara kita, jadi untuk perekonomian kedepan kita tidak khawatir akan anjlok, dan pastinya tetap akan stabil.

Hal ini dinilai adanya kepercayaan dari para investor untuk menanamkan dananya di Tanah Air, mengingat yield atau imbal hasil yang kita semua ajukan cukup atraktif. Adapun saat ini imbal hasil SBN yang ditawarkan yakni sebesar 7,4%. Inflow sudah masuk, artinya investor-investor sudah memantau gejolak global memang dampaknya mungkin ada tapi sementara. (Mereka) melihat yield di Indonesia yang atraktif buat mereka semua,” jelasnya.

Untuk diketahui, BI telah menaikkan suku bunga acuan sebanyak 100 bps, dalam dua bulan terakhir, jadi ke level 5,25%. Kebijakan tersebut untuk menekan pelemahan rupiah terhadap dolar AS. Beradasarkan kurs tengah BI (Jisdor), Rupiah hari ini berada di level Rp14.391 per USD.

BI Habiskan Rp18 Triliun untuk Bisa Membantu Rupiah

ADUQ ONLINE | AGEN TERPERCAYA  | JUDI ONLINE | DOMINO QQ ONLINE

Comments

comments

10 thoughts on “BI Habiskan Rp18 Triliun untuk Bisa Membantu Rupiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *