Kim Jong-un Gunakan Pesawat Jet Pribadi PM China ke Singapura

Kim Jong-un Gunakan Pesawat Jet Pribadi PM China ke Singapura

Kim Jong-un Gunakan Pesawat Jet Pribadi PM China ke Singapura

Liputan46 – Pesawat Boeing 747 Air China yang dipakai oleh Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un ke Singapura pada Minggu, ternyata adalah pesawat pribadi Perdana Menteri China, Li Keqiang. Demikian dikabarkan surat kabar Hong Kong, Apple Daily. Kim Jong-un biasanya memakai pesawat pribadi yang mempunyai nama resmi Chammae-1 sebagai moda transportasinya, tetapi lain dengan yang satu ini dia tampaknya meminta bantuan Pemerintah China karena pesawatnya diduga kurang aman untuk dipakai. Chammae-1 merupakan modifikasi pesawat tua bertipe Ilyushin Il-62 buatan Soviet yang pembuatannya sudah dihentikan pada 1995.

Meskipun pesawat jet itu bisa terbang sampai 10.000 kilometer dan dengan mudah menempuh jarak 4.600 kilometer antara Pyongyang dan Singapura, usia pesawat tentunya menjadi pertimbangan Kim untuk memakainya untuk melakukan perjalanan keluar negeri selain ke China. Pasalnya, pesawat Kim yaitu Chammae-1 urung biasa di pakai karena masalah keamanan terkait kondisi pesawat itu sendiri.

Pesawat Boeing 747 ini mempunyai kode B-2447 yang akan menjadi moda transportasi untuk penumpang biasa ketika tidak dipakai oleh Li. Namun, ketika berubah menjadi pesawat pribadi untuk Li, interior dalam pesawat itu juga semuanya menjadi berubah, lengkap dengan ruang tunggu dan kamar tidur. Namun tak seperti Air Force One kepunyaan Amerika Serikat, B-2447 tidak dilengkapi sistem pertahanan terhadap artileri seperti yang di jumpai Air Force One.

Kim Jong-un sendiri tiba di Bandara Changi Singapura pada 14.25 sore waktu setempat. Menyusul ketibaan Kim, Presiden AS Donald Trump tiba di Pangkalan Udara Paya Lebar saat pukul 20.22 malam waktu setempat. Besok, keduanya akan berjumpa di Hotel Capella, Pulau Sentosa, sekitar pukul 09.00 waktu setempat untuk membicarakan damai.

Kita ketahui, Pesawat pribadi Li. Saat dipakai sebagai jet pribadi, interior pesawat itu ditingkatkan dengan disertai dengan kantor, area penerimaan, dan kamar tidur. Meski demikian, tidak seperti pesawat kepresidenan Amerika Serikat, Air Force One, pesawat itu tidak didapati sistem pertahanan artileri.

Menurut analis yang dilansir Kantor Berita Korea Selatan, Yonhap keputusan Kim Jong-un untuk meminjam pesawat dari China dipercaya agak ganjil, terutama karena rezim itu mempunyai ideologi dan slogan Juche, atau swadaya dan kemandirian.

AGEN DOMINO | AGEN POKER | BANDAR DOMINO | BANDARQ 

Comments

comments

989 thoughts on “Kim Jong-un Gunakan Pesawat Jet Pribadi PM China ke Singapura