Jokowi Berharap Terminal 4 Bandar Soetta Segera Dibangun

Jokowi Berharap Terminal 4 Bandar Soetta Segera Dibangun

Jokowi Berharap Terminal 4 Bandar Soetta Segera Dibangun

Liputan46 – Presiden Joko Widodo berharap agar nantinya Kementerian Perhubungan dan PT Angkasa Pura II (Persero) dapat segera merealisasikan dibangunnya Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pengguna bandara yang berada di Tangerang, Banten tersebut.

Jokowi menyatakan pengunjung bandara Soekarno-Hatta dapat mencapai 100 juta per tahun pada tahun 2025, atau meningkat pesat 58,73 persen dibanding pengunjung saat ini yakni 63 juta orang per tahun. Bila tidak segera diselesaikan terminal baru, maka Indonesia akan ketinggalan untuk menggaet pengunjung tersebut.

Jokowi yang ditemui di Bandara Soekarno-Hatta mengatakan bahwa ia telah memerintahkan kepada Menteri Perhubungan dan Direktur Utama AP II agar mempersiapkan terminal yang keempat. Jika terminal ini tidak juga segera dipersiapkan maka kedepannya Indonesia akan kedodoran lagi.

Untuk realisasi pembangunan Terminal 4 tengah pada proses perencanaan yang detail dan diharapkan dapat memulai konstruksi tahun 2020 mendatang. Anggaran yang diperlukan untuk membangun terminal ini mencapai Rp11 triliun. Memang sudah tak ada kesempatan lagi. Langsung direncanakan, desain segera dikerjakan. Kurang lebih 2020 sudah dimulai.

Pembangunan terminal 4 pun nantinya mesti dilengkapi dengan penambahan landasan pacu (runway) supaya dapat menampung pesawat. Ia berharap runway ini dapat selesai bulan Juni 2019 karena pembebasan lahan telah mencapai 70 persen. Runway ini pun mesti dilengkapi jalan penghubung antara apron dengan landasan pacu (taxiway) baru yang dapat selesai Desember 2018.

Jika runway selesai, ia berharap antrean lepas landas pesawat yang biasanya dapat mencapai 20 sampai 30 menit dapat berkurang. Bahkan, jumlah arus lepas landas maupun pendaratan dapat ditingkatkan dari saat ini 81 take off/landing per jam menjadi 120 take off/landing per jam.

Jika runway ketiga nanti selesai maka tak akan ada antrean. Namun jika penumpangnya bertambah lagi, maka harus menambah lagi runway-nya. Hal ini juga berkejaran terhadap pertumbuhan pengguna jasa penerbangan di Indonesia yang telah tumbuh 9 persen per tahun.

Bukan cuma itu, penambahan landasan pacu dan terminal ini akan menjadikan maskapai lain dapat membuat rute baru ke Indonesia. Menurutnya, selama ini sejumlah maskapai ingin melaksanakan penerbangan langsung menuju Asia dan Eropa melalui Soekarno-Hatta, namun masih mengalami kesulitan fasilitas.

AGEN CAPSA | BANDARQ ONLINE | BANDAR Q | BANDAR SAKONG

Comments

comments

3 thoughts on “Jokowi Berharap Terminal 4 Bandar Soetta Segera Dibangun

  1. Nonetheless, you will find a few individuals who do not share exactly the same measure of love for Facebook birthday communications and feel besieged by the never-ending stream of “Happy Birthday!” wishes. “Do I really have to answer each one?” they scream.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *