Awal Mula dan Sejarah Menggunakan Bom Mobil

Awal Mula dan Sejarah Menggunakan Bom Mobil

Awal Mula dan Sejarah Menggunakan Bom Mobil

Liputan46 – Beberapa waktu lalu, ledakan bom yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur sudah menimbulkan korban jiwa serta puluhan luka-luka. Kejadian ledakan tidak melulu karena bom ukuran kecil, penggunaan mobil dalam aksi teror pun sering dilakukan di Indonesia.

Aksi radikal itu dilakukan yang telah menimbulkan ledakan luar biasa dan trauma mendalam untuk siapapun yang terkena dampak ledakan. Di Indonesia, kejadian bom mobil sempat dilakukan ketika Bom Bali I pada tahun 2002 serta Kedubes Australia tahun 2004.

Cukup banyak bom mobil lain di berbagai negara yang didera konflik mulai dari Irak maupun Afghanistan. Misalnya serangan bom mobil di Utara Baghdad bulan Juli 2016 dilaporkan sudah menewaskan sembilan orang dan mengakibatkan 32 orang mengalami luka.

Serangan bom mobil dikatakan para pelaku teror cukup efektif ketika sebuah mobil yang penuh dengan bahan peledak diledakkan. Untuk sejarahnya, bom mobil pertama kali digunakan bulan September 1920 silam, oleh seorang berdarah Italia bernama Mario Buda yang memarkirkan gerobak kudanya tak jauh dari kantor perusaahaan JP Morgan di New York. Cara tersebut dilakukan untuk menjadi bentuk protes terhadap penangkapan Nicola Sacco dan Bartolomeo Vanzetti.

Kemudian ia meninggalkan gerobak kudanya lalu menghilang dengan satu lembar kertas yang bertuliskan “bebaskan para tahanan politik atau kalian semua akan mati”. Daya ledaknya sangat besar yang telah menewaskan empat puluh orang dan 200 terluka.

Di sisi lain, Sacco dan Vanzetti yang asli orang Italia juga dihukum mati di kuris listrik di kota Massachusetts dengan tuduhan kejahatan telah melakukan pembunuhan serta pencurian. Mike Davis, seorang penulis dari Amerika Serikat mengatakan bahwa bom mobil merupakan sebuah simbol kekuatan orang miskin (poor man’s air force) dalam memperjuangkan keadilan.

Sifat dari ledakan bom mobil masif tersebut yang menjadikannya cukup menarik untuk kelompok yang menggunakan bom mobil. Mulai saat itu penggunaan bom mobil kemudian dianggap merupakan sebuah senjata siluman yang murah dan mudah digunakan menjadi bahan peledak dalam melemahkan targetnya. Dan saat ini penggunaan bom mobil digunakan menjadi aksi bunuh diri oleh pelaku.

ADUQ ONLINE | AGEN TERPERCAYA  | JUDI ONLINE | DOMINO QQ ONLINE

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *