Bangun Irak dan Suriah, Rusia Rangkul Liga Arab

Bangun Irak dan Suriah, Rusia Rangkul Liga Arab

Bangun Irak dan Suriah, Rusia Rangkul Liga Arab

Liputan46 – Rusia bersedia untuk mengembangkan kerja sama bersama Liga Arab dalam mempertahankan stabilitas kawasan. Menurut kabar yang dikeluarkan oleh kantor berita Rusia, TASS, Presiden Vladimir Putin telah meminta Liga Arab supaya bersama-sama berkontribusi terhadap penyelesaian politik dan restorasi di Suriah dan Irak.

Pemerintah Rusia siap mengembangkan kerja sama bersama Liga Arab dalam menjamin stabilitas kawasan. Putin pada kata sambutannya untuk Liga Arab mengatakan jika ia berharap di tengah kebangkitan pasca kekalahan ISIL di Suriah dan Irak, kedua negara bisa bersama-sama berkontribusi untuk penyelesaian politik serta rekonstruksi di negara tersebut dalam mengatasi masalah kemanusiaan.

Adapun pada pertemuan di Dhahran, Arab Saudi, Liga Arab meminta agar dilakukan penyelidikan internasional atas tindakan kriminal digunakannya senjata kimia di Suriah.

Pihaknya menegaskan kecaman mutlak untuk digunakannya senjata kimia bagi warga sipil Suriah. Pihaknya menuntut penyelidikan internasional yang independen untuk menjamin penerapan hukum internasional bagi semua pihak yang terbukti telah menggunakan senjata kimia, isi pernyataan Liga Arab pada Konferensi Tingkat Tinggi di Dhahran, Senin kemarin.

Organisasi yang beranggotakan 22 negara tersebut pun menekankan bagaimana pentingnya solusi politis untuk menyelesaikan perang sipil di Suriah. Pada kesempatan tersebut, Arab Saudi dan sekutunya pun menuturkan dukungannya pada serangan gabungan yang dilakukan Perancis, Amerika Serikat, dan Inggris pada beberapa situs militer dan senjata kimia Suriah akhir minggu lalu. Serangan tersebut juga dikecam oleh Rusia.

Serangan udara tersebut dilakukan untuk menjadi respons karena dugaan digunakannya senjata kimia yang kembali dilakukan rezim Presiden Bashar Al-Assad untuk pemberontak di Douma, Ghouta Timur. Serangan senjata kimia tanggal 7 April lalu telah menewaskan sedikitnya 70 orang serta melukai 1.000 lainnya.

Rusia dan Suriah sendiri telah membantah sudah menggunakan senjata kimia bagi warganya sendiri. Damaskus menganggap bahwa serangan AS dan sekutunya adalah sebuah bentuk agresi. Pada pidatonya yang tertuju untuk Liga Arab, Putin menegaskan jika normalisasi di Timur Tengah tak mungkin terjadi tanpa menyelesaikan isu Palestina.

Semua isu mengenai status wilayah Palestina, termasuk tentang Yerusalem, mesti dapat diatasi dengan negosiasi langsung antara Palestina dan Israel, dengan dasar hukum internasional yang diakui, salah satunya adalah resolusi relevan yang disahkan oleh Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa serta Majelis Umum PBB dan Inisiatif Perdamaian Arab yang didorong oleh Liga Arab, tutur Presiden Rusia tersebut.

DOMINO QQ ONLINE  | BANDARQ TERPERCAYA | SAKONG ONLINE | AGEN QQ

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *