Kim Jong-un Dorong Rekonsiliasi, Katakan Korsel Cukup Mengesankan

Kim Jong-un Dorong Rekonsiliasi, Katakan Korsel Cukup Mengesankan

Kim Jong-un Dorong Rekonsiliasi, Katakan Korsel Cukup Mengesankan

Liputan46 – Kim Jong-un selau pemimpin Korea Utara, belakangan diketahui memuji Korea Selatan merupakan sebuah negara yang mengesankan sebab sudah menyambut baik adiknya, Kim Yo-jong, dan seluruh delegasinya saat rangkaian kunjungan dalam rangka Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang. Ia juga telah mendorong upaya untuk rekonsiliasi.

Bunyi pemberitaan oleh media pemerintah Korut yakni KCNA hari Selasa menyatakan bahwa usai mendapatkan laporan delegasi, Kim Jong-un menuturkan bagaimana kepuasannya dan menyatakan jika Korsel amat mengesankan, apalagi karena memprioritaskan kunjungan anggota oleh Korut yang turut serta dalam Olimpiade.

Laporan dari KCNA tersebut pun mengindikasikan keinginan Kim supaya bisa rujuk dengan Korsel yang semakin kuat dimana berbunyi “Ia rasa penting dalam melanjutkan hasil yang lebih baik untuk bisa menghangatkan kembali iklim rekonsiliasi serta dialog”.

KCNA pun mengatakan jika Kim telah memberikan instruksi penting pada sejumlah sektor yang relevan supaya segera mengambil tindakan. Tetapi KCNA tidak merinci lebih lanjut mengenai langkah yang dimaksud.

Isu tersebut mulai mencuat usai Kim menyiratkan keinginan dalam memperbaiki hubungan kepada Korsel awal tahun ini. Pada pidatonya, Kim mengatakan bagaimana keinginan Korut untuk turut serta pada Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang.

Bertekad ingin memperbaiki relasi pada Pyongyang sejak sebelum dilantik, Moon Jae-in selaku Presiden Korsel langsung menanggapi positif pidato Kim kemudian segera mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam memboyong atlet dan delegasi Korut. Usai seluruh persiapan, pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang pun digelar hari Jumat lalu, di mana atlet Korut dan Korsel berarak pada satu bendera.

Satu kemudian, Kim Yo-jong bertemu dengan Moon pada istana kepresidenan Korsel yang dikenal dengan nama Blue House. Ketika pertemuan tersebut, Kim Yo-jong dikatakan menyampaikan surat undangan dialog oleh Kim Jong-un untuk Moon.

Pentas tersebut telah sejak lama dinanti oleh publik. Dari mulai diumumkan, sekitar 120 ribu orang segera berebut mendapatkan 1.000 tiket yang tersedia. Mereka tidak mau kehilangan kesempatan untuk menyaksikan penampilan musisi Korut sebab kontak antar-warga sipil kedua negara Korea amat dilarang setelah adanya perjanjian gencatan senjata usai perang tahun 1950 hingga 1953.

Walaupun demikian, pendekatan Moon tersebut telah membangkitkan amarah kaum konservatif yang mengatakannya sebagai simpatisan Korut serta telah mengabaikan keamanan negara serta sekutunya yakni Amerika Serikat.

AGEN CAPSA | BANDARQ ONLINE| BANDAR Q | BANDAR SAKONG

p style=”text-align: center;”>

Comments

comments

2 thoughts on “Kim Jong-un Dorong Rekonsiliasi, Katakan Korsel Cukup Mengesankan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *