Jepang Siapkan Robot Pelayan Hadapi Ledakan Populasi Lansia

Jepang Siapkan Robot Pelayan Hadapi Ledakan Populasi Lansia

Jepang Siapkan Robot Pelayan Hadapi Ledakan Populasi Lansia

Liputan46 – Jepang memiliki cara tersendiri dalam menolong warga lanjut usia untuk melakukan aktifitasnya. Negeri Sakura rencananya akan menggunakan robot untuk mengurus sekitar 80 persen populasi lansia tahun 2020 mendatang.

Para pengembang bersama dengan teknisi saat ini tengah berlomba-lomba untuk dapat menciptakan robot yang bisa membantu lansia melakukan kegiatan sehari-hari, contohnya untuk bangun dari ranjang kemudian pindah ke kursi roda, maupun sekadar untuk mandi. Yang paling canggih, robot pengasuh tersebut juga akan didesain dalam memprediksi kapan pasien akan pergi ke toilet.

Hirohisa Hirukawa selaku Direktur Riset Inovasi Robot di Lembaga Teknologi Nasional Jepang menuturkan bahwa robot tidak dapat memecahkan seluruh permasalahan, tetapi robot bisa berkontribusi dalam mengatasi berbagai kesulitan tersebut.

Jepang sepertinya akan kekurangan 370.000 tenaga untuk menjadi pengasuh lansia tahun 2025 nanti. Hal tersebut menimbulkan kecemasan sesaat sampai akhirnya muncul ide menggunakan robot untuk menjadi pengisi minimnya pengasuh lansia di masa depan. Kini sekurangnya terdapat 8 persen dari total panti jompo di Jepang yang menggunakan jasa robot. Solusi menggunakan robot bukannya tidak ada pandangan skeptis.

Faktor utamanya karena harganya yang mahal. Faktor selanjutnya anggapan jika urusan rawat-merawat mesti dilakukan oleh manusia. Tetapi Hirukawa tetap optimis. Ia menyatakan rasa enggan pasien dapat hilang seiring waktu. Melalui perspektif orang yang mendapatkan layanan, tentu saat awal akan terdapat resistensi psikologis.

Dari laporan The Guardian, penelitian dalam mengembangkan produksi untuk robot pengasuh lansia semakin berlanjut di Jepang. Tujuannya kini untuk membuat semua unit lebih murah maupun lebih mudah digunakan. Tidak dibutuhkan robot yang dapat berbicara maupun menyerupai manusia, yang penting sang robot memiliki teknologi mapan yang dapat menolong seseorang pada situasi spesifik.

Contohnya yakni robot yang berfungsi menjadi alat bantu jalan lansia. Dengan beberapa sensor yang dipasang, robot nantinya dapat mendeteksi jalan yang menanjak maupun menurun agar dapat menyesuaikan kebutuhan sang penggunanya.

Jepang sudah lama dikenal menjadi negara yang rajin memproduksi robot serta menggunakannya pada kehidupan sehari-hari mereka. Sebelumnya Jepang telah memperkenalkan robot barista yang dinamakan Sawyer. Sawyer dapat menyajikan beberapa minuman mulai dari cappuccino, coklat panas, sampai green tea latte.

Bukan hanya itu, terdapat juga beberapa robot di salah satu hotel di Nagasaki, Jepang. Beberapa robot yang ada di hotel tersebut ditugaskan menjadi beberapa posisi seperti resepsionis, pelayan, sampai menjadi petugas kebersihan.

AGEN CAPSA | BANDARQ ONLINE| BANDAR Q | BANDAR SAKONG

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *