Presiden Jokowi Bentuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

Presiden Jokowi Bentuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

Presiden Jokowi Bentuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

Liputan46 –  Pramono Anung selaku Sekretaris Kabinet menyatakan jika Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) akan berubah menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Ia menuturkan jika pembentukan lembaga tersebut akan selesai selama satu minggu. Hal tersebut menyusul keputusan dari Presiden Joko Widodo yang akan menyetarakan unit tersebut menjadi setingkat kementerian.

Hal tersebut diungkapkan Pram setelah rapat bersama dengan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri PANRB Asman Abnur di Kemsetneg, Rabu malam.

Dengan prinsip matang, Presiden sudah memberikan persetujuan agar pihaknya segera menyelesaikan hal tersebut secepatnya. Pihaknya optimis akan selesai dalam waktu satu minggu, ucap Pram saat dijumpai di Kompleks Istana Kepresidenan. Ia mengatakan mulanya UKP PIP ada di bawah presiden tetapi masih tetap berkoordinasi dengan Sekretariat Kabinet. Namun usai disetarakan setingkat menteri, BPIP sepenuhnya bertanggung jawab terhadap presiden.

Penyetaraan tersebut juga dapat mengubah struktur dengan melakukan penambahan wakil kepala dan sekretariat utama dari seleksi Tim Penilaian Akhir (TPA) supaya mandiri dalam menggunakan anggaran. Anggaran tak terlalu berubah banyak namun ideologi tersebut cukup dibutuhkan untuk jangka panjang. Usai dibahas selama satu bulan, ia mengatakan jika BPIP diharapkan dapat bekerja lebih optimal karena nantinya akan mempunyai kewenangan dalam mengoordinasikan dengan kementerian yang lain.

Sebelumnya Yudi Latif selaku Kepala UKP-PIP menyatakan, penyetaraan unitnya yang setingkat dengan kementerian sudah disetujui presiden dengan pertimbangan yang matang. Ia mengatakan jika kesepahaman seluruh pihak terkait ideologi adalah keselamatan untuk Indonesia. Karenanya, UKP PIP nantinya akan mengoordinasikan semua lembaga termasuk setingkat menteri.

Pada kesempatan tersebut ia mengatakan jika Jokowi sendiri sudah menginstruksikan Asman Abnur selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi agar dapat segera menyelesaikan semua draf dan berkas yang dibutuhkan agar penyetaraan bisa dilakukan sesegera mungkin agar nantinya Badan Pembinaan Ideologi Pancasila langsung dapat bekerja tanpa menunda lagi. Pihaknya berharap agar nantinya tim dapat bekerja lebih maksimal agar tercapai sesuai dengan keinginan Presiden Jokowi.

BANDARQ ONLINE| BANDAR Q | BANDAR SAKONG

Comments

comments

2 thoughts on “Presiden Jokowi Bentuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *