Jonan Menargetkan Di 2018 Seluruh Penduduk Dapat Listrik

Jonan Menargetkan Di 2018 Seluruh Penduduk Dapat Listrik

Jonan Menargetkan Di 2018 Seluruh Penduduk Dapat Listrik

Liputan46 –  Ignatius Jonan selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memberikan target pada rasio elektrifikasi tahun 2018 yang akan melampaui 97,5 persen atau lebih tinggi dibandingkan target Rencana Strategis (Renstra) maupun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional yaitu sebesar 95,15 persen.

Ia ingin agar nilai elektrifikasi mencapai 99,99 persen pada akhir tahun 2019. Meningkatnya rasio elektrifikasi adalah salah satu target utama dari pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sampai akhir tahun lalu, realisasi rasio elektrifikasi Indonesia sudah mencapai 94,91 persen dan berarti sudah melampaui target pemerintah yang dipatok hanya 92,75 persen

Dalam mencapai angka tersebut, pemerintah selalu berusaha terus menambah pembangkit listrik berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) baik yang ada di luar jaringan PT PLN (Persero) atau yang berada di dalam jaringan distribusi PLN ditambah untuk menyediakan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

Jonan menuturkan jika pemerintah segera menugaskan PLN untuk membangun pembangkit listrik EBT off grid. Pengalihan tugas tersebut dimaksudkan agar nantinya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian ESDM dapat digunakan untuk berbagai program lain yang bersentuhan langsung untuk masyarakat, contohnya adalah Penerangan Jalan Umum (PJU).

Selain pembangkit EBT off grid, Pemerintah pun sedang menggenjot pembangkit on grid. Salah satu pembangkit EBT on grid yang akan beroperasi yakni Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap I. Rencananya, pembangkit yang berkapasitas 75 megawatt (MW) dari 30 turbin tersebut akan segera diresmikan oleh Jokowi bulan Januari ini.

Langkah lain yang diusung Jonan yakni dengan melakukan pembagian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di daerah 3 T atau daerah tertinggal, terdepan dan terluar. Tahun lalu sekitar seribu desa yang sudah dipasang LTSHE. Tahun 2018 ini rencanaya akan ada sekitar 1.500 desa yang diberikan LTSHE.

Dari dua program itulah yang akan dijadikan prioritas utama dari Jonan untuk bisa meningkatkan rasio elektrifikasi nasional namun tetap tidak melupakan berbagai program normal, seperti listrik pedesaan maupun mega proyek pembangunan pembangkit listrik 35 ribu MW.

BANDAR SAKONG| DOMINOQQ | BANDARQ ONLINE

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *