Iran Resmi Mencabut Blokir Terhadap Telegram Dan Instagram

Iran Resmi Mencabut Blokir Terhadap Telegram Dan Instagram

Iran Resmi Mencabut Blokir Terhadap Telegram Dan Instagram

Liputan46 –  Pemerintah Iran saat ini telah kembali membuka akses untuk seluruh warganya agar dapat kembali menggunakan aplikasi pesan Telegram yang beberapa waktu lalu sudah diblokir karena terjadinya krisis politik di ‘Negeri Para Mullah’ tersebut. Jurnalis AFP yang sudah berhasil mengakses aplikasi Telegram, dan pemerintah pun sudah secara resmi mengumumkan telah dicabutnya blokir terhadap Telegram.

Juru bicara Kementerian Telekomunikasi Iran mengatakan kepada AFP bahwa informasi tentang berakhirnya penutupan Telegram tersebut adalah benar. Telegram adalah salah satu aplikasi sosial media yang cukup populer di Iran dimana jumlah pengguna tercatat sekitar 25 juta orang.

Pemerintah beberapa saat lalu memblokir penggunaan aplikasi tersebut ketika terjadinya krisis politik yang ditandai dengan aksi demo besar-besaran pada pemerintah yang terjadi di Iran selama lima hari. Kantor berita ISNA mengatakan jika pemblokiran Telegram sudah dicabut sepenuhnya atas perintah Presiden Hassan Rouhani.

Bukan hanya sempat menutup aplikasi sosial media Telegram, pemerintah pun sempat menutup Instagram. Selain itu, pemerintah juga telah melakukan pemblokiran terhadap sejumlah aplikasi VPN yang belakangan ini digunakan warga Iran dalam menyiasati beberapa media sosial seperti facebook, Twitter, dan YouTube yang sudah sejak lama diblokir.

Hal tersebut dilakukan usai pemerintah Iran menuduh bahwa kalangan kontra revolusi dan kelompok asing merupakan pemicu atas terjadinya kerusuhan dari propaganda di sosial media. Rouhani menuturkan ketika krisis politik terjadi, penutupan tersebut dibutuhkan tetapi tidak dilakukan secara permanen. Ia juga menuduh lawannya pada kelompok konservatif yang sudah memanfaatkan krisis politik Iran agar dapat turut mendesak diberlakukannya sensor yang cukup luas.

Menurutnya para kelompok konservatif berharap dapat memanfaatkan situasi agar dapat menutup sosial media untuk selamanya. Mereka mungkin dapat tertidur pulas, namun tidak untuk masyarakat. Sekitar 100 ribu orang sudah kehilangan pekerjaannya, ucap Rouhani pada 9 Januari, merujuk adanya keluhan dari para pebisnis yang mulai merugi karena ditutupnya beberapa sosial media. Ia berharap penutupan serupa tidak dilakukan oleh pemerintah lagi supaya tidak membuat para pebisnis merugi dan membuat warga tidak bisa mengakses sosial media tersebut selama lima hari lamanya.

DOMINOQQ | BANDAR SAKONG | BANDARQ ONLINE

Comments

comments

6 thoughts on “Iran Resmi Mencabut Blokir Terhadap Telegram Dan Instagram

  1. Hello, Neat post. There’s an issue with your site in internet explorer, may check this… IE still is the marketplace leader and a big portion of other people will omit your great writing due to this problem.

  2. What’s Taking place i am new to this, I stumbled upon this I have found It positively useful and it has aided me out loads. I am hoping to give a contribution & assist different users like its helped me. Good job.

  3. Simply wanna input that you have a very decent web site, I love the pattern it really stands out.

  4. fantastic submit, very informative. I wonder why the opposite specialists of this sector do not notice this. You must proceed your writing. I’m sure, you’ve a great readers’ base already!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *