Fredrich Sebut KPK Langgar Putusan MK Bumihanguskan Advokat

Fredrich Sebut KPK Langgar Putusan MK Bumihanguskan Advokat

Fredrich Sebut KPK Langgar Putusan MK Bumihanguskan Advokat

Liputan46 –  Advokat Fredrich Yunadi buka suara mengenai penangkapan dirinya, ia menganggap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah melanggar putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 26/PUU-XI/2013 sebab sudah memproses hukum dirinya yang merupakan advokat ketika menjadi pengacara dari tersangka korupsi mega proyek e-KTP, Setya Novanto.

Ia menyatakan jika advokat semestinya mendapatkan perlindungan hukum untuk menjalankan profesinya. Karena dasar itu, ia mengatakan bahwa KPK tidak dapat memproses hukum dirinya yang saat itu merupakan pengacara Novanto. Sesuai dengan putusan MK nomor 26 tahun 2013 ditegaskan bahwa advokat tidak boleh dituntut baik dengan perdata atau pidana, ucap Fredrich yang saat ini resmi mengenakan rompi tahanan KPK.

Fredrich sebelumnya sempat diamankan KPK usai mangkir oleh pemanggilan pemeriksaan sebagai tersangka dengan dugaan perkara obstruction of justice maupun merintangi penyidikan terhadap Novanto dalam kasus korupsi e-KTP. Fredrich ditahan KPK usai diperiksa selama 11 jam dan saat ini telah tiba dibawa ke markas lembaga antirasuah pada Sabtu dini hari.

Untuk putusan yang dimaksudkan Fredrich yakni sejak dikabulkannya uji materi dari Pasal 16 Undang-Undang Nomor 18 tahun 2003 mengenai Advokat. Di dalamnya dikatakan jika advokat tidak bisa dituntut secara perdata atau pidana ketika menjalankan profesinya di dalam maupun di luar pengadilan.

Keputusan tersebut berisi bahwa : Pasal 16 Undang-Undang Nomor 18 tahun 2003 mengenai Advokat bertentangan pada UUD 1945 jika tidak dimaknai: Advokat tidak bisa dituntut baik secara perdata atai pidana ketika menjalankan tugas profesinya dengan iktikad yang baik dalam kepentingan pembelaan klien di dalam ataupun di luar pengadilan.

Cukup jelas dikatakan jika advokat tidak bisa dituntut baik secara perdata atau pidana, tegas Fredrich merujuk dengan putusan yang dibacakan hakim konstitusi tanggal 14 Mei 2014 tersebut. Fredrich juga menilai KPK sudah melakukan kesalahan dengan menangkap dirinya ketika tengah berada di Rumah Sakit Medistra, Jakarta semalam. Pengamanan tersebut dilakukan usai Fredrich tidak memenuhi panggilan pemeriksaan oleh KPK sehari sebelumnya.

Fredrich kemudian berasumsi jika KPK sedang menyudutkan profesi advokat usai dirinya ditetapkan sebagai tersangka serta dijemput untuk diperiksa hari Sabtu dini hari. Asumsi tersebut ia lihat juga merujuk melalui putusan MK Nomor 26 tahun 2013 dimana KPK dinilai tidak dapat memproses hukum seorang advokat ketika menjalankan profesinya. Ia juga mengaku khawatir jika cara KPK yang memproses hukum dirinya akan berdampak buruk untuk semua advokat. Bahkan, Fredrich pun menganggap cara KPK akan ditiru oleh penegak hukum yang lain.

BANDARQ ONLINE| BANDAR Q | BANDAR SAKONG

Comments

comments

2 thoughts on “Fredrich Sebut KPK Langgar Putusan MK Bumihanguskan Advokat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *