Gatot Nurmantyo Diminta Tak Mutasi Perwira Tinggi TNI

Gatot Nurmantyo Diminta Tak Mutasi Perwira Tinggi TNI

Gatot Nurmantyo Diminta Tak Mutasi Perwira Tinggi TNI

Liputan46 –  Tubagus Hasanuddin selaku Wakil Ketua Komisi Pertahanan DPR berharap agar Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo agar tak melakukan mutasi jabatan perwira tinggi. Hal tersebut berkaitan dengan surat dari Presiden Joko Widodo mengenai pemberhentian serta pengangkatan panglima TNI yang baru.

Hasanuddin menuturkan jika surat yang dibuat pada 3 Desember 2017 itu sudah disampaikan pada pimpinan DPR. Surat itu menyatakan jika Jokowi mengajukan calon tungal panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot yakni Marsekal Hadi Tjahjanto dimana saat ini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Anagkatan Udara (KSAU).

Sesuai dengan prosedur yang berlaku, Komisi I DPR segera untuk melaksanakan uji kelayakan kepada Hadi dimana ditunjuk untuk menggantikan posisi panglima TNI. Surat tersebut memuat rencana pemberhentian Gatot dengan terhormat dari jabatannya.

Karena itu Jenderal Gatot harus mulai mempersiapkan memo serah terima jabatan, serta tak membuat sejumlah keputusan strategis pada akhir masa jabatannya, termasuk melakukan mutasi sejumlah perwira tingginya, ucap Tubagus.

Politikus dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut menjelaskan jika mutasi sejumlah perwira tinggi seharusnya dilakukan oleh panglima TNI yang baru supaya suasana kondusif dapat semakin tercipta. Hasanuddin menjelaskan keputusan Presiden Jokowi mengusulkan nama Hadi Tjahjanto untuk calon tunggal panglima TNI dianggap sudah sesuai dengan amanah UU Nomor 34 Tahun 2004 mengenai TNI.

Ia melihat bahwa pengajuan satu saja nama calon panglima TNI dari Jokowi sesuai dengan Pasal 12 UU TNI dimana mengatakan jika Presiden dapat mengajukan satu nama calon Panglima TNI. Nama yang dipilih adalah nama yang pernah maupun tengah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan. Kedepannya pengajuan calon tunggal oleh presiden kepada DPR ini segera diproses selama 20 hari kerja.

Dalam pasal 3 UU TNI, dikatakan jika pergantian panglima TNI sepantasnya dilakukan rotasi melalui semua angkatan yang tengah atau sudah menjabat sebagai kepala staf angkatan. Dua panglima TNI sebelumnya datang melalui Angkatan Darat dan Angkatan Laut.

Jenderal Gatot Nurmantyo segera memasuki masa pensiun bulan Maret tahun 2018. Saat ini DPR tengah menggelar rapat Paripurna dalam membacakan dan juga membahas surat dari Presiden Jokowi dimana mengajukan Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI yang baru.

BANDAR DOMINO | BANDARQ TERPERCAYA | JUDI ONLINE

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *