Setya Novanto Ditahan KPK Dan Golkar Gelar Rapat Pleno

Setya Novanto Ditahan KPK Dan Golkar Gelar Rapat Pleno

Setya Novanto Ditahan KPK Dan Golkar Gelar Rapat Pleno

Liputan46 –  DPP Partai Golkar berencana untuk melakukan rapat pleno dalam mengevaluasi kepemimpinan partai setelah Setya Novanto selaku Ketua Umum sah ditahan oleh KPK kemarin malam. Nurdin Halid selaku Ketua Harian Partai Golkar menyatakan, rapat pleno dimana rencananya digelar esok hari pun dapat membahas tentang desakan untuk penyelenggaraan musyawarah nasional luar biasa (Munaslub), dimana salah satunya dinyatakan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Hal tersebut merupakan sebuah aspirasi yang akan dibahas saat rapat pleno DPP Partai Golkar. Untuk keputusan agar dapat menggelar munaslub atau tidak, nantinya akan tergantung melalui hasil kajian serta evaluasi yang akan disampaikan saat rapat pleno.

Nurdin menuturkan jika penahanan Novanto tidak sampai menyandera partai. Seluruh yang berkaitan dengan kondisi partai kini segera dibahas saat rapat pleno besok sebelum dibawa menuju rapat pimpinan nasional (rapimnas). Seluruhnya juga akan dibicarakan, dengan terbuka transparan objektif untuk kepentingan partai. Keputusan tertinggi dalam internal partai tersebut ada di rapat pleno. Tidak terdapat keputusan di luar itu.

Sementara itu Nusron Wahid selaku Ketua Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah I Golkar menyatakan, kini partainya memerlukan seorang kepemimpinan yang baru. Golkar membutuhkan solusi dalam kepemimpinan dalam rangka cut off position oleh perilaku koruptif pada lingkungan partai.

Nusron mengatakan jika caranya adalah dengan menghentikan kepemimpinan melalui Setya Novanto selaku ketua umum sebab telah ditahan KPK. Caranya adalah dengan menggelar rapat pleno. Saat rapat pleno diputuskan dari kepemimpinan transisional hingga terbentuknya kepemimpinan yang lebih definitif.

Kepemimpinan yang lebih transisi tersebut segera dibahas secara lanjut sebab dalam AD/ART Golkar tidak dikenal tentang penunjukan untuk pelaksana tugas ketua umum. Sementara Sarmuji selaku Wakil Sekretaris Jenderal DPP Golkar Bidang Kepartaian melihat bahwa Golkar mesti dapat menggelar Munaslub saat KPK menahan Setnov. Munaslub tidak boleh ditunda, sebab kekosongan pada kursi kepemimpinan akan berdampak dalam roda organisasi.

Ia juga menegaskan bahwa Munaslub merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan saat keadaan genting seperti ini, bila dilakukan lebih cepat maka hasilnya akan lebih baik lagi.

AGEN DOMINO | BANDARQ | ADUQ ONLINE

Comments

comments

2,056 thoughts on “Setya Novanto Ditahan KPK Dan Golkar Gelar Rapat Pleno