Polisi Tangguhkan Berkas Jonru Ke Kejati DKI Jakarta

Polisi Tangguhkan Berkas Jonru Ke Kejati DKI Jakarta

Polisi Tangguhkan Berkas Jonru Ke Kejati DKI Jakarta

Liputan46 – ┬áPihak penyidik dari Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya kemarin sudah merampungkan pemberkasan atas kasus ujaran kebencian (hate speech) yang dilakukan oleh tersangka Jonru F Ginting. Dokumen berkas acara dalam pemeriksaan Jonru sudah dilimpahkan pada tahap yang pertama menuju Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Kombes Argo Yuwono selaku Kabid Humas Polda Metro Jaya menyatakan bahwa hingga saat ini seluruh berkas dari Jonru telah diteliti oleh jaksa. Polisi kini tengah berharap atas kasus tersebut dapat segera disidangkan. Ia menyatakan agar mudah-mudahan laporan segera P21 (dinyatakan lengkap) agar dapat segera disidangkan. Bila sudah P21, tugas pada pihak kepolisian telah selesai dan hanya menunggu untuk dilakukan persidangan terhadap Jonru saja.

Dalam kesempatan itu Argo juga sempat menyatakan bahwa karena berkas acara sudah dilaporkan kepada Kejaksaan Tinggi maka saat ini sudah tidak ada lagi agenda untuk pemeriksaan lanjutan terhadap tersangka Jonru ataupun kepada para saksi. Pemeriksaan terhadap mantan karyawan dan isteri dari Jonru menjadi saksi terkahir yang dianggap dapat meringankan hukuman Jonru.

Sementara itu, Kompol Telly selaku Kanit I Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menyatakan bahwa sesuai dengan hasil pemeriksaan beserta dengan keterangan saksi ditambah bukti yang telah dilampirkan sebelumnya dapat dipastikan bahwa Jonru akan dijerat dengan pasal berlapis.

Jonru akan dikenai Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 A ayat 2 dan/atau Pasal 35 juncto Pasal 51 UU RI No 19 Tahun 2016 mengenai Perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 4 huruf b angka 1 juncto Pasal 16 UU RI No 40 Tahun 2008 mengenai Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan/atau Pasal 156 KUHP.

Awak mulanya Jonru dilaporkan oleh seorang pengacara bernama Muanas Al Aidid yang datang dari Aliansi Advokat Nasionalis ke Polda Metro Jaya karena dugaan ujaran kebencian. Muanas telah melaporkan beberapa posting-an dari Jonru pada laman fanpage Facebook Jonru Ginting yang dinilai sudah menyebarkan ujaran kebencian kepada suatu golongan. Dan bila aksinya terus dilakukan maka ditakutkan akan memecah belah bangsa.

AGEN POKER | BANDARQ TERPERCAYA | AGEN TERPERCAYA

Comments

comments

2 thoughts on “Polisi Tangguhkan Berkas Jonru Ke Kejati DKI Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *