Kecewa Ditolak AS Jenderal Gatot Tunggu Perintah Jokowi

Kecewa Ditolak AS Jenderal Gatot Tunggu Perintah Jokowi

Kecewa Ditolak AS Jenderal Gatot Tunggu Perintah Jokowi

Liputan46 –  Jenderal Gatot Nurmantyo selaku Panglima TNI belakangan ini sempat mengungkapkan kekecewaanya karena beberapa hari lalu ia bersama dengan isteri dan sejumlah jajarannya telah ditolak untuk masuk ke Amerika Serikat oleh Badan Perlindungan Perbatasan dan Bea Cukai Amerika Serikat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Jakarta.

Kini ia tengah menunggu adanya perintah dari Presiden Joko Widodo sebelum nantinya ia akan kembali berkunjung ke negeri paman sam tersebut. Gatot saat dijumpai di Kompleks Istana Kepresidenan menjelaskan bila dikatakan apakah kecewa atau tidak kecewa, tentunya ia cukup kecewa. Padahal ia telah bersahabat dengan Jenderal Dunford selaku Panglima Amerika dan ia juga ke sana untuk melakukan pertemuan dengannya.

Gatot sendiri mengatakan bahwa dirinya sangat dekat dengan Jenderal Dunford. Ketika ia berkunkunjung ke Amerika, Gatot mengatakan bahwa ia juga sempat minum kopi pada pagi hari dan juga makan malam bersama di rumah Dunford. Momen santai tersebut juga ternyata diiringi dengan sebuah nyanyian Bengawan Solo yang dinyanyikan Prajurit Amerika. Tetapi Gatot menjelaskan bahwa untuk saat ini ia tidak berinisiatif menuju Amerika Serikat sebelum nantinya Presiden Joko Widodo dapat menginstruksikannya untuk kembali ke sana.

Setelah masuk Amerika, Gatot saat itu segera melaporkannya kepada Jokowi dan Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri dan juga Wiranto selaku Menko Polhukam. Namun sampai saat ini ia sendiri tidak mau berkomentar yang lebih lanjut atas insiden tersebut karena seluruhnya kini tengah diurus oleh Menlu dan dirinya kini tengah menanti instruksi dari Presiden Jokowi . Dirinya juga tidak mau memberi komentar apapun karena yang berhak memberi komentar hanya Menlu.

Sebelumnya, Menlu Retno sendiri sudah memanggil Erin Elizabeth McKee selaku Wakil Duta Besar Amerika ke kantornya. Setelah pertemuan tersebut, Erin cuma mengatakan bahwa saat ini Gatot telah dapat kembali masuk ke Amerika dan pihaknya juga telah meminta maaf atas terjadinya insiden tersebut. Namun mereka sendiri juga tidak mendetailkan apa yang menyebabkan insiden penolakan tersebut. Namun Retno sendiri terus mendesak pihak Amerika dapat memberikan klarifikasinya karena akan sangat penting serta Indonesia yang memiliki hubungan yang cukup baik dengan Amerika selama ini.

BANDAR DOMINO | BANDARQ | DOMINO KIU

Comments

comments

869 thoughts on “Kecewa Ditolak AS Jenderal Gatot Tunggu Perintah Jokowi