Jakarta 10 Kota Paling Bahaya Di Dunia Untuk Wanita

Jakarta 10 Kota Paling Bahaya Di Dunia Untuk Wanita

Jakarta 10 Kota Paling Bahaya Di Dunia Untuk Wanita

Liputan46 –  Jakarta saat ini ada pada peringkat sembilan pada daftar kota besar maupun megacity yang dinyatakan berbahaya di dunia bagi kaum perempuan, hal itu diungkapkan oleh survei dari Yayasan Thomson Reuters, yang diumumkan Selasa kemarin. Sementara kota yang paling berbahaya yakni ibu kota Kairo, Mesir, kemudian disusul Karachi di Pakistan serta Kinshasa yang merupakan ibu kota dari Republik Demokratik Kongo yang ada di peringkat ketiga.

Peringkat tersebut didasarkan atas kekerasan seksual dan akses dalam layanan kesehatan dan praktik budaya, serta peluang ekonomi bagi kaum perempuan. Setiap kategori survei akan diberikan poin terbaik yakni 19. Jakarta cuma mendapat tujuh poin pada kekerasan seksual, dan kondisi terbaiknya akan didefinisikan bahwa ‘perempuan dapat hidup di kota bersangkutan dan tidak menghadapi risiko adanya kekerasan seksual salah satunya adalah pemerkosaan maupun serangan seksual dan pelecehan.

Untuk layanan kesehatan bagi perempunan, Jakarta diberikan nilai yang 11, dan bisa lebih baik lagi dari peluang ekonomi sebesar 13 poin. Sementara untuk penilaian paling buruk yakni cuma empat poin, diperoleh Jakarta pada praktik budaya serta kondisi terbaik yakni perempuan diberikan perlindungan yang baik oleh praktik-praktik budaya berbahaya salah satunya mutilasi alat kelamin pada perempuan, pernikahan dini maupun pernikahan anak dan perkawinan paksa, ditambah pembunuhan kepada anak perempuan.

Dan inilah 10 peringkat kota paling berbahaya di dunia :
1. Kairo, Mesir
2. Karachi, Pakistan
3. Kinshasa, Republik Demokratik Kongo
4. Delhi, India
5. Lima, Peru
6. Mexico City, Meksiko
7. Dhaka, Bangladesh
8. Lagos, Nigeria
9. Jakarta, Indonesia
10. Istanbul, Turki

Terhitung ada 19 kota di London yang disurvei dimana merupakan lokasi dari kantor pusat Yayasan Thomson Reuter adalah kota yang paling bersahabat untuk perempuan. Pada peringkat kedua yakni Tokyo kemudian disusul oleh Paris. Sadiq Khan selaku Wali kota London menyatakan bahwa perempuan saat ini mempimpin pada setiap tingkatan masyarakat yang ada di London, baik pada bidang layanan umum, maupun kesenian, bidang politik, sains, atau bahkan bisnis.

Dan Kairo adalah kota yang paling berbahaya untuk perempuan dimana para pegiat perempuan menegaskan bahwa angka diskriminasi kepada perempuan adalah sebuah tradisi yang telah berlangsung selama berabad-abad. Dan ada pula seorang wartawan yang merupakan pegiat perempuan bernama Shahira Amon, menjelaskan bahwa perempuan di Kairo sudah menjadi sasaran dari pelecehan seksual.

AGEN DOMINO | BANDARQ | ADUQ ONLINE

Comments

comments

2 thoughts on “Jakarta 10 Kota Paling Bahaya Di Dunia Untuk Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *