Ilham Habibie Sebut Donasi Rakyat Indonesia Bukti Untuk R80

Ilham Habibie Sebut Donasi Rakyat Indonesia Bukti Untuk R80

Ilham Habibie Sebut Donasi Rakyat Indonesia Bukti Untuk R80

Liputan46 –  PT Regio Aviasi Industri (RAI) belakangan ini sempat membuka penggalangan dana yang dilakukan secara online melalui Kitabisa.com agar dapat merampungkan pengembangan dari pesawat buatannya yakni R80. Sampai saat ini, penggalangan dana sudah hampir mencapai angka Rp 2 miliar. Ilham Akbar Habibie yang merupakan Komisaris PT RAI sangat mengapresiasi masyarakat Indonesia yang sudah rela untuk mengeluarkan uangnya dalam mendukung pengembangan pesawat R80.

Ia kemudian berpendapat bahwa donasi itu adalah sebagai bukti bahwa rakyat Indonesia saat ini telah mendukung dan bukan hanya memberikan perkataannya saja namun berupa tindakan. Walaupun demikian, ternyata dari dana yang sudah terkumpul belum juga untuk dapat membiayai pengembangan prototype pesawat R80. Ia menjelaskan bahwa untuk sebuah perancangan serta pengembangan satu buah pesawat dapat mencapai 1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 13 triliun (kurs Rp 13.000).

Menurutnya, pendanaan R80 bukan hanya dapat diselesaikan menggunakan donasi dari masyarakat Indonesia saja. Sebenarnya yang masih dibutuhkan masih jauh dari nilai yang telah terkumpul karena jumlah yang dibutuhkan adalah sebesar 1 miliar dollar AS. Sebelum ini, sosok Presiden Ketiga Republik Indonesia yakni Bacharuddin Jusuf Habibie sudah sempat mengajak masyarakat Indonesia untuk dapat ikut andil pada proyek pengembangan purwarupa (prototype) pesawat rancangannya yaitu R80 dari skema penggalangan dana.

Habibie menjelaskan bahwa untuk saat ini telah saatnya agar industri dirgantara nasional dapat bangkit kembali setelah sebelumnya sudah belajar dari masa lalu. Bila kedepannya nanti pesawat R80 tidak bisa terwujud, maka pembuatan pesawat terbang di bumi Indonesia akan segera berakhir karena tidak ada lagi sumber daya manusia yang terbarukan serta tidak adanya lagi motivasi bagi generasi penerus bangsa.

Pada kampanye untuk penggalangan dana dalam proyek pesawat R80, PT RAI bersama dengan Kitabisa.com telah mengajak para publik figur serta buzzer, antara lain Andien Aisyah, Nadine Chandrawinata, Melanie Subono, dan Andovi Lopez untuk dapat berkontribursi dalam membuat pesawat asli dari Indonesia agar dapat dikenal oleh negara lainnya dan dapat memajukan Indonesia pada mata negara lainnya.

AGEN POKER | DOMINO QQ ONLINE | AGEN TERPERCAYA

Comments

comments

5 thoughts on “Ilham Habibie Sebut Donasi Rakyat Indonesia Bukti Untuk R80

  1. Утром смотрел данные сети, и вдруг к своему восторгу заметил восхитительный веб-сайт. Гляньте: документ камера avervision . Для меня этот ресурс оказался довольно привлекательным. Хорошего дня!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *