DKI Jakarta Tanpa Gubernur Sehari Sebelum Anies-Sandi Dilantik

DKI Jakarta Tanpa Gubernur Sehari Sebelum Anies-Sandi Dilantik

DKI Jakarta Tanpa Gubernur Sehari Sebelum Anies-Sandi Dilantik

Liputan46 – ┬áPekan depan ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menghadapi suksesi dari kepemimpinan yang baru yakni Gubernur dan Wakil Gubernur baru. Tetapi sebelum suksesi tersebut dapat terjadi, Pemprov DKI Jakarta akan kosong selama satu setengah hari. Sumarsono yang merupakan sosok Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri telah menyatakan bahwa kekosongan kursi gubernur tersebut terjadi karena adanya masa jatuh tempo dalam berakhirnya masa jabatan dari Gubernur DKI Jakarta saat ini yakni Djarot Saiful Hidayat yang jatuh pada hari libur.

Ia menjelaskan bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih yakni Anies dan Sandiaga Uno nantinya akan dilantik secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan pada tanggal 16 Oktober 2017 pada pukul 16.00 WIB. Sementara itu pada tanggal 14 sampai pukul 00.00 telah berakhir masa jabatan dari Dajrot. Dan mulai pukul 00.01 telah masuk tanggal 15 telah sah jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru.

Adanya keterlambatan selama satu hari pada pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur baru tersebut sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 yang menjelaskan bahwa acara pelantikan tidak boleh digelar pada hari libur dikarenakan untuk dapat mengatasi risiko serta kendala dari administrasi akibat tidak ada pejabat gubernur, ia mengatakan bahwa Kemendagri telah menunjuk seorang pelaksana harian (PLH) untuk dapat berfungsi sebagai kepala daerah.

Pelaksana harian ternyata akan diberikan kepada Saefullah selaku Sekretaris Daerah (Sekda) DKI yang secara langsung ditugaskan oleh Kemendagri. Nantinya dari serah terima jabatan (sertijab) dari Djarot kepada Anies ditaksir paling cepat dilakukan satu jam setelah dilakukannya acara pelantikan dan paling lambat yakni selama tiga hari setelah pelantikan tersebut berlangsung.

Sebelumnya juga telah direncanakan bahwa akan digelar sedikit upacara penyambutan Anies dan Sandi saat memasuki tempat kerja yang baru yakni dengan tarian selamat datang dan juga akan ada tarian dari budaya Betawi karena itu merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan setiap saat digelar masuknya Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru.

BANDAR DOMINO | AGEN QQ | DOMINO QQ ONLINE

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *