Kominfo Blokir Telegram Bukan Karena Kena Hack

Kominfo Blokir Telegram Bukan Karena Kena Hack

Kominfo Blokir Telegram Bukan Karena Kena Hack

Liputan46 – Sempat beredar kabar kalau situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terkena aksi hacking. Namun belakangan informasi tersebut dimentahkan oleh Kominfo. Beredarnya isu terkait tentang hal itu disampaikan langsung oleh Noor Iza, Plt Kepala Biro Humas Kominfo. Melalu pesan singkat, dirinya menyatakan kalau kabar yang menyebut bahwa situs Kominfo telah mengalami aksi hacking adalah tidak benar.

Sebelumnya beredar bukti screenshot yang menunjukkan kalau subdomain situs Kominfo berganti tampilannya. Aksi jahil semacam ini lebih dikenal dengan sebutan deface, dimana pelakunya mengubah tampilan sebuah website yang biasanya diganti gambar berisi pesan tertentu. Akan tetapi setelah ditelusuri, bukti screenshoot tersebut tidak terbukti dan alamat subdomain situs Kominfo yang dimaksud bisa diakses kembali.

capsadomino

Kominfo sendiri baru saja melakukan pemblokiran terhadap layanan Telegram lantaran dinilai banyak sekali kanal di layanan pesan instan tersebut yang dianggap bermuatan konten negatif, seperti propaganda radikalisme, terorisme, paham kebencian, dan lain-lain. Termasuk di dalamnya ditemukan ajakan cara merakit bom, cara melakukan penyerangan, disturbing image (gambar tidak pantas), dan lain-lain yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Namun sejauh ini belum ada informasi kalau beredarnya bukti screenshot situs Kominfo di-hack ada kaitannya dengan keputusan Kementerian tersebut melakukan pemblokiran terhadap Telegram. Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kemenkomnfo Noor Izza mengatakan, ada oknum tertentu yang mengunggah suatu berkas (file) ke dalam situs sehingga terlihat seperti kena retas. Saat ini situs tersebut masih dalam kondisi bisa diakses.

Sampai saat ini, instansinya masih mencari biang pengunggah berkas tersebut ke dalam situs. Saat ini timnya tengah mengecek jaringan situs tersebut. “Kami masih belum temukan oknumnya, sementara masih cek server dulu,” imbuhnya. Sangat disayangkan bahwa,Noor masih belum mau dimintai komentar lanjutan pokoknya itu informasi yang saya berikan dulu diakatakanya pada saat ditemui oleh wartawan kami.

Sebelumnya, beredar tautan dan unggahan screenshot yang menunjukkan bahwa situs Kemenkominfo tengah diretas. Di dalam tampilan itu tertulis “Solusi itu blokir.. Indonesia mundur 10 Abad!” dan diklaim diretas oleh Typical Idiot Security.

capsadomino

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *