Kasus “Sweeping” Empat Pelaku Divonis Bersalah

Kasus Sweeping Empat Pelaku Divonis Bersalah

Kasus “Sweeping” Empat Pelaku Divonis Bersalah

LIPUTAN46.COM – Terdakwa yang berjumlah empat orang, pelaku sweeping dan penganiayaan di Restoran AW, Tasikmadu, Karanganyar, Jawa Tengah divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Semarang.

Pelaku utama bernama Soleh Akbar itu divonis satu tahun penjara dan. Sementara ketiga pelaku lainnya, Dedi Setiawan, Agus Nurman dan Sunardi divonis lima bulan penjara.

“Empat terdakwa terbukti jelas bersalah melakukan penganiayaan di Restoran AW,” ucap Sinung Kurniawan selaku, panitera pengganti yang mencatat sidang itu, Minggu (18/6/2017).

Dikatakan oleh Sinung bahwa, pelaku utama yang bernama Soleh itu terbukti secara sah melakukan tindak pidana melakukan kekerasan terhadap orang yang mengakibatkan luka berat. Korban penganiayaan yaitu AW Mulyadi, seorang anggota DPRD Kabupaten Karanganyar.

capsadomino

Para tersangka dijerat dengan Pasal 170 KUHP tentang Penganiayaan dengan ancaman tujuh tahun penjara. Empat tersangka ditangkap bersama dengan tujuh orang lainnya oleh tim gabungan dengan Polda Jawa Tengah. Total tersangka yang ditangkap pada 3 Januari 2017 sebanyak 11 orang, satu diantaranya adalah Basuki, ketua Jemaah Anshorut Tauhid (JAT) Karanganyar.

Adapun 11 orang yang ditangkap yaitu Basuki, Joko Sumanto, Paryanto, Akbar, Agus Buthan, Basuki alias Thebos, Fadli Hasim, Sunardi, Dedi Setiawan, Yuniaryo, dan Sugiarto.

“Soleh terbukti melanggar Pasal 170 Ayat (2) ke-2,” ucap Sinung.

Sementara itu, ketiga terdakwa lainnya terbukti ikut serta melakukan tindak pidana. Ketiganya melanggar Pasal 169 Kitab KUHP.

Sweeping dan penganiayaan di resto AW terjadi pada 19 Desember 2016. Peristiwa ini terjadi atas dugaan resto AW melanggar izin. Resto AW diubah fungsinya menjadi tempat karaoke.

Keempat pelaku tersebut kemudian ditangkap pada 3 Januari 2017, bersama dengan tujuh orang lain.

Dari semua yang telah tertangkap itu terdapat nama Basuki, ketua Jemaah Anshorut Tauhid (JAT) Karanganyar. Bersamaan itu juga diamankan sejumlah barang bukti antara lain, kayu, pisau belati, dan alat pemukul.

Sidang perkara ini sebelumnya dialihkan ke Pengadilan Negeri Semarang dari Pengadilan Negeri Karanganyar. Sidang perkara itu dipimpin oleh hakim M Zainal Aripin, dengan anggota Suranto, dan M Yusuf.

capsadomino

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *