Polisi Bantah Telanjangi Pelaku Pesta Gay

Telanjangi Pelaku Pesta Gay

Polisi Bantah Telanjangi Pelaku Pesta Gay

LIPUTAN46.COM – Koalisi Advokasi untuk Tindak Kekerasan terhadap Kelompok Minoritas, Identitas, dan Seksual mengkritik tindakan polisi yang disebut ‘menelanjangi’ pelaku pesta gay ‘The Wild One’ di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Namun pihak kepolisian membantah hal itu.

“Anggota tak melakukan dan meminta seperti itu. Kan pas dibawa ke Polres (Jakarta Utara) pakai baju semua,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ago Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/5/2017).

capsadomino

Argo mengatakan, saat diamankan dari lokasi, 141 pria tersebut memakai baju. “Kan disuruh pakai baju,” imbuh Argo.

Sementara itu, Argo juga mengatakan bahwa pihaknya akan menelusuri siapa yang menyebarkan foto-foto kaum gay yang tidak berbusana pada saat penggerebekan tersebut. “Nanti itu kami cek siapa yang nyebarin, akan kami telusuri,” lanjutnya.

Namun, kata Argo, saat penggerebekan itu juga banyak warga yang melihat. “Di sana kan banyak yang masuk ke situ, enggak polisi saja. Banyak orang yang melihat, ikut masuk, kami tak bisa memaksa juga. Kata siapa itu (telanjang)?,” terang Argo.

Koalisi Advokasi untuk Tindak Kekerasan terhadap Kelompok Minoritas, Identitas, dan Seksual yang mendampingi para pria mengkritik tindakan polisi saat menggerebek pesta gay ‘The Wild One’ di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Polisi dianggap melakukan tindakan sewenang-wenang dalam penggerebekan tersebut.

Koalisi ini terdiri dari LBH Jakarta, LBH Masyarakat, LBH Pers, ICJR, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), dan Arus Pelangi. Isnur dari YLBHI menjelaskan proses setelah orang-orang tersebut diamankan.

“Korban digerebek, ditangkap, dan digiring menuju Polres Jakarta Utara dengan ditelanjangi dan dimasukkan ke dalam bus angkutan kota. Sesampai di kepolisian, sejumlah korban digiring untuk diperiksa dan dilakukan penyelidikan,” kata Isnur dalam keterangan kepada wartawan, Senin (22/5/2017).

“Para korban digerebek, ditangkap, dan digiring menuju Polres Jakarta Utara dengan ditelanjangi dan dimasukkan ke dalam bus angkutan kota. Sesampainya di kepolisian, sejumlah korban digiring untuk diperiksa dan dilakukan penyelidikan,” kata Isnur dalam keterangan kepada wartawan, Senin (22/5/2017).

Isnur menyebut orang-orang yang digerebek itu ditelanjangi dan dikonsentrasikan menjadi dua kelompok terpisah antara pengunjung dan staf. Mereka dibawa berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain tanpa berpakaian.

“Meski telah didampingi oleh kuasa hukum dari Koalisi Advokasi untuk Tindak Kekerasan terhadap Kelompok Minoritas, para korban tetap diperlakukan secara sewenang-wenang oleh kepolisian setempat dengan memotret para korban dalam kondisi tidak berbusana dan menyebarkan foto tersebut,” ucapnya.

“Tindakan tersebut adalah tindakan sewenang-wenang dan menurunkan derajat kemanusiaan para korban,” kata Isnur.

Koalisi menganggap penangkapan ini sebagai preseden buruk bagi kelompok minoritas gender dan seksual lainnya. Isnur menyebut penangkapan di ranah paling privat ini bisa menjadi acuan untuk tindakan kekerasan lain yang bersifat publik.

Oleh sebab itu, Koalisi Advokasi untuk Tindak Kekerasan mengecam tindakan sewenang-wenang tersebut. Koalisi juga memberikan 3 tuntutan bagi kepolisian, yaitu

1. Tidak menyebarkan data pribadi korban karena ini adalah bentuk ancaman keamanan bagi korban dan pelanggaran hak privasi setiap warga negara.
2. Tidak menyebarluaskan foto dan/atau informasi lain yang dapat menurunkan derajat kemanusiaan korban.
3. Memberikan hak praduga tidak bersalah bagi korban dan bila korban dinyatakan tidak bersalah untuk segera dibebaskan dan dipulihkan nama baiknya.

capsadomino

Comments

comments

51 thoughts on “Polisi Bantah Telanjangi Pelaku Pesta Gay

  1. My friend and I went camping the other day. It was a tiring experience, as he wouldn’t let me sleep all night. He kept talking about random subjects and cried about his anxiety. I totally told him to link and deal with it.

  2. Oh Lord. I don’t know what to do as I have tons of work to do next week semester. Plus the university exams are getting, it will be a hell. I am already freaking out maybe I should here to calm down a little bit. Hopefully it will all go well. Wish me luck.

  3. Hi everybody! Lately I have been battling with a lot of Problems. Friends and doctors keep telling me I should consider taking meds, so I may as well website and see how it goes. Problem is, I haven’t taken it for a while, and don’t wanna get back to it, we’ll see how it goes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *